5 Tips Cara Menegur Orang dengan Baik dalam Islam

Sebagai seorang muslim yang mengerti dan memahami mengenai hubungan antara sesama umat beragama, tentu saja akan mengedepankan rasa peduli dan ramah tamah dalam kehidupan sehari. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita berperilaku baik terhadap sesama ya. Karena Allah Swt menciptakan kita sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain. Jadi kita harus mengedepankan rasa menghargai dan menghormati ya.

Dalam kehidupan sehari – hari, anda pasti sering berkomunikasi dan juga berinteraksi dengan banyak orang kan. Saat kamu berpapasan atau pun bertemu orang lain di jalan, apa yang kamu lakukan? Saling menyapa atau malah justru acuh tak acuh? Saya rasa kamu akan menyapa atau setidaknya memberikan senyuman, karena dengan senyuman saja orang lain sudah merasa dihargai dan pandangan orang lain terhadap kamu pun juga akan baik. Yuk kita simak 5 Tips Cara Menegur Orang dengan Baik dalam Islam sebagai berikut :

1. Menegur Dengan Cara yang Santun

Jika kamu ingin menegur seseorang, gunakanlah bahasa yang santun dan perilaku yang baik ya sobat. Dengan begitu orang yang kamu tegur justru akan sangat mengapresiasi dan menghargai sikap kamu. Karena hal tersebut mungkin akan menjadikannya sebagai orang yang lebih baik.

2. Tidak Bermaksud Menggurui

Jangan sekali – kali sobat jika menegur seseorang terlihat seperti menggurui. Hal tersebut justru akan membuat orang yang anda tegur menjadi kurang nyaman. Bahkan mereka akan berperilaku cuek dengan anda atau pun pura – pura tidak mendengar. Jadi teguran kamu akan terasa sia – sia saja. Baca juga mengenai doa pembuka rezeki dari segala penjuru.

3. Tidak Menggunakan Nada Tinggi

Menggunakan nada tinggi memang tidak pantas untuk dilakukan. Terlebih lagi jika sobat menegur orang yang lebih dewasa, sama saja sobat tidak punya “unggah – ungguh” kalau orang jawa bilang. keutamaan orang tua dalam islam memang sangat dijunjung tinggi, meskipun mereka dalam posisi salah. Kita sebagai orang yang lebih mudah tetap harus menghormati ya sobat. Ingatkan dengan bahasa yang halus dan doakan. Insya Allah seiring berjalan waktu beliau akan sadar.

4. Lihat Situasi dan Kondisi

Sebaiknya jika kamu berniat untuk menegur seseorang, perhatikan dan pertimbangkan terlebih dahulu situasi dan juga kondisinya ya. Jangan langsung kamu tegur di tempat yang ramai, sehingga perlakuan kamu tersebut justru membuat orang yang kamu tegur menjadi malu. Sudah menjadi tugas kita sebagai sesama muslim untuk saling menutupi aib orang lain.

5. Tidak Memaksakan Kehendak

Namanya juga menegur dengan niat yang baik demi perubahan seseorang agar lebih baik, mau dia menerima atau pun tidak, hal tersebut adalah urusan belakang. Jangan sampai kita melihat situasi yang kurang baik malah membiarkannya saja. Berarti kita tidak ada bedanya dengan dia. Yang terpenting kita tidak memaksakan keinginan kita kepada orang lain ya.

CategoriesUncategorized