Sebaiknya tinggal dimana setelah menikah, Wajib tahu!

Jika seorang suami memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat tinggal, maka secara seimbang seorang istri memiliki kewajiban untuk tinggal di tempat yang sudah disediakan oleh suami meskipun rumah tersebut sangat sederhana.

Sebenarnya menurut islam, tempat tinggal setelah menikah itu tidak bersama mertua atau orang tua melainkan tinggal di kost atau memiliki rumah sendiri. Ada banyak sekali kelebihan tinggal di rumah sendiri bagi kita yang baru saja menikah. Meskipun rumah tersebut masih berstatus sebagai rumah kontrakan, tapi jika tinggal di rumah yang terpisah dengan orangtua dan mertua akan menjadikan kita bebas menentukan kebijakan-kebiijakan rumah tangga.

Selain itu, kita juga lebih leluasa untuk saling mengenal masing-masing kepribadian antara suami dan istri. belajar sabar menerima ujian-ujian yang harus dilalui. Belajar syukur menerima kejutan-kejutan yang melampaui harapan-harapan. Tinggal di rumah sendiri akan membuat kedewasaan suami istri semakin terasah. Perjuangannya dalam membangun rumah tangga benar-benar terasa jika dibandingkan dengan memilih tinggal di rumah orangtua dan mertua.

Rasulullah saw juga telah memberikan penekanan, agar setiap laki-laki dan wanita yang sudah menikah berusaha untuk tinggal di rumah sendiri, berpisah dengan orangtua. Hal ini dapat kita lihat dalam potret kehidupan pernikahan antara Ali bin Abi Thalib ra dengan Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah saw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *