Macam – macam puasa sunnah dalam Islam

Jika ditinjau dari hukumnya, puasa dalam ajaran islam diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu puasa wajib, puasa sunnah, puasa makruh, serta puasa haram. Nah kali ini kita akan membahas tentang puasa sunnah, khususnya tentang macam-macam puasa sunnah.

Hikmah Puasa Sunnah adalah menahan diri dari kegiatan makan dan minum, serta segala hal yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga waktu buka puasa yaitu terbenamnya matahari, dimana bagi yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala, dan bagi yang tidak melaksanakannya atau meninggalkannya tidak akan mendapatkan dosa.

Selama menjalankan puasa, seseorang dilatih untuk dapat menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak diperbolehkan selama menjalankan puasa, serta membantu kita untuk menahan hawa nafsu. Dalam ajaran agama islam terdapat beberapa jenis puasa sunnah, yaitu:

  1. Puasa Arafah
  2. Puasa di Sembilan Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
  3. Puasa Tasu’a
  4. Puasa Asyura (10 Muharram)
  5. Puasa Syawal
  6. Puasa Senin – Kamis
  7. Puasa Daud
  8. Puasa Sya’ban
  9. Puasa bagi Pemuda yang Belum Menikah

Itulah macam-macam puasa sunnah dalam agama Islam, semoga kita sebagai umat muslim tidak hanya menjalankan puasa wajib saja, tetapi juga menjalankan puasa sunnah yang sering menjadi kebiasaan Nabi Muhammad SAW.