Kisah Mengharukan Rasulullah yang Menggoncang ‘Arsy!

Cerita mengenai kehidupan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (saw.) pasti tidak ada habisnya. Ia adalah sosok manusia sempurna yang kepribadian dan tutur katanya penuh hikmah. Sehingga semua orang merasa terkagum dan selalu ingin mengikuti jejak langkahnya.

Ada satu kisah yang menggetarkan hati, yakni saat Rasulullah saw. menangis sampai-sampai tangisannya menggoncang ‘Arsy, tempat singgasana Allah ‘Azza wa Jalla.

Saat Rasulullah sedang thawaf, terdapat jawaban dari seorang badui yaitu “Jika Dia memperhitungkan kemaksiatan hamba, maka hamba akan memperhitungkan betapa luas pengampunan-Nya. Jika Dia memperhitungkan kekikiran hamba, maka hamba akan memperhitungkan pula betapa kedermawanannya!”

Mendengar ucapan orang Arab badui itu, maka Rasulullah pun menangis mengingat betapa benarnya kata-kata orang Arab badui itu, air mata beliau meleleh membasahi janggutnya. Melihat itu Malaikat Jibril pun turun kembali seraya berkata:

“Ya Muhammad! Tuhan As-Salam menyampaikan salam kepadamu, dan berpesan: Berhentilah engkau menangis! Sesungguhnya karena tangismu, penjaga ‘Arsy lupa dengan bacaan tasbih dan tahmidnya, sehingga Ia bergoncang. Katakan kepada temanmu itu, bahwa Allah tidak akan menghisab dirinya, juga tidak akan memperhitungkan kemaksiatannya. Allah sudah mengampuni semua kesalahannya dan ia akan menjadi temanmu di syurga nanti!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *