Hadist tentang sabar dan syukur – Booster Semangat

Dalam menghadapi problematika hidup manusia, ada dua hal yang harus dipegang teguh, yaitu sabar dan syukur. Dengan dua hal itulah, kita bisa senantiasa bertahan agar tetap berada dalam koridor yang ditentukan dan tidak salah arah dalam berlayar.  Dengan kesabaran yang tinggi dan rasa syukur yang mendalam, seseorang akan tetap kokoh berada dalam garis perjalanan yang benar.

Sabar dan syukur adalah dua pilihan yang dikemukakan oleh Nabi Daud AS ketika beliau ditanya tentang keadaan yang ia inginkan.

Rasululah SAW bersabda dalam sebuah hadits riwayat Imam Al – Bukhori:

مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ

“Barang siapa yang bersabar akan menang”

Sabar akan membuat para pelakunya tenang dan senantiasa waspada. Orang yang sabar tidak mudah marah, tidak mudah mengeluh dan tutur katanya lembut menawan serta senantiasa memancarkan sinar keteduhan dan kebaikan dalam dirinya kepada orang-orang  disekitarnya.

Syukur Adalah Sifat Orang Beriman

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ؛ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya” (HR. Muslim no.7692).

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *