15 Cara memaafkan masa lalu untuk hidup lebih bahagia

Salah satu cara memaafkan masa lalu yaitu dengan move on. Di zaman sekarang ini, tentunya istilah move on bukan lagi kata yang asing bagi kita. Move on artinya melupakan mantan pacar atau kekasih adalah salah satu bentuk kegalauan dalam hidup. Padahal tidak ada yang namanya pacaran dalam Islam yang ada hanyalah zina, sesuai dengan firman Allah SWT:

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Artinya:”Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (Q.S. Al- Israa : 32)

Jadi seluruh aktivitas dalam pacaran sesungguhnya adalah berzina. Sehingga yang didapatkan dari pacaran hanyalah dosa dan kesakitan. Setelah putus dari pacar, biasanya seseorang akan sulit untuk move on atau melupakannya.

Cara ampuh move on adalah dengan meniatkan diri untuk menikah agar lebih fokus menggapai masa depan. Niatkan dalam hati bahwa kamu mencari pasangan baru untuk menikah, bukan untuk pacaran. Niatkan bahwa kamu menikah karena Allah bukan pula karena ingin cepat melupakan mantan. Insya Allah, Ia akan memberikan pasangan terbaik bagi kamu. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan jodoh yang baik, saya sarankan dengan menggunakan Aplikasi Kelas Jodoh yang merupakan platform online dengan ribuan pengguna yang sudah terbukti bertemu jodohnya di kelas jodoh.

Kenapa harus Kelas Jodoh ? Karena Kelas Jodoh berbeda dengan platform jodoh lainnya yang hanya sebatas tempat mencari jodoh saja, juga membuat kamu sulit untuk menemukan yang benar-benar serius menikah denganmu sehingga banyak ditemukan perselingkuhan. Sedangkan Kelas Jodoh akan menemukan jodoh yang baik sesuai keinginan kamu dan akan mendapatkan banyak ilmu baru serta dapat menjadi tempat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.